Candu Raun,Tagline Untuk Blog

22
106

Tagline. Gara-gara sering lihat resto dengan tambahan kata-kata pendek sesudah namanya, jadi mikir apa sih fungsinya?  Dulu sekali pernah terusik dengan aneka tagline resto yang menggelitik, menggunakan kata atau kalimat unik dan mengundang rasa penasaran. Itu tagline buat resto, lalu untuk blog, perlukah buat tagline juga?

Padanan kata tagline  di Kamus Besar Bahasa Indonesia. belum ada. Kalau disamakan dengan semboyan bisa nggak ya ?  “( semboyan : 3 perkataan atau kalimat pendek yg dipakai sbg dasar tuntunan (pegangan hidup); inti sari suatu usaha dsb; slogan; moto: “Bhinneka Tunggal Ika” ialah — Republik Indonesia;”sekali murah, tetap murah”, itulah — tokonya;)”.  Kalau kata aku sih mirip, menurutmu …?..

Kembali bicara tentang tagline untuk blog,katanya sih tagline itu penting, samalah perannya dengan tagline untuk resto yaitu supaya mudah diingat, mudah mengundang rasa penasaran orang lain, dan untuk  branding.Tentang itu sudah lama banget deh bacanya, tapi sekian lama nggak pernah mikir buat tagline untuk blog ini. Susah banget rasanya menemukan kata yang cocok, yang secara singkat bisa menjelaskan. Pokoknya nggak kreatif banget orangnya. Ini ceritanya bikin pengumuman ada perubahan kecil di blog ini.

Kalau menurut Dailypost (admin WP) :” Your tagline is a short phrase or sentence that does the heavy lifting when it comes to setting context for your blog and helping readers to quickly learn what it is you’re writing about. “

Lalu, tiba-tiba saja teringat kata “Candu Raun”. Kata ini pertama kudengar dari pengemudi mobil sewaan kami selama  Wisata Keliling Minangkabau, 3 tahun yang lalu. Kupikir ini bisa dipakai, akhirnya mau juga bikin tagline sesuai pesan orang pintar.

Candu Raun itu artinya kecanduan jalan-jalan. Kurasa cocok juga nih kata ini disematkan untuk blog Berbagi Kisahku. Blog ini, kan isinya kebanyakan tentang jalan-jalan, bukan cerita personal (anak-anak protes tak mau diceritakan di blog). Aku nggak bilang blog ini dimasukkan ke kategori travel. Lha ini cerita jalan-jalan tapi maunya jalan-jalan yang enak, yang mudah dijangkau, yang mainstream, yang jalan-jalan karena mengikuti jejak orang lain yang sudah lebih dulu mendatangi sebuah tempat. Pokoknya jalan ke sebuah tempat baru entah itu di kelurahan sebelah, atau tempat yang jauh sekalian, jalan kaki atau pakai moda trasnportasi tertentu. Pengen jalan jauh  terbentur sama cuti yang cuma 12 hari, dan ada potongan tunjangan pula, #curhat, lha nggak pernah ada abidin juga sih… he..he..he..

Ada cerita tentang penciptaan tagline di blog sahabat? Mau berbagi di sini?

22 COMMENTS

  1. Bagus Mbak Monda taglinenya. Candu Raun. Kalo saya kepanjangan kali ya taglinenya. Mau dipikirin lagi sih emang tapi lupa mulu 😀

  2. Bagus Monda taglinenya bahasa banjar jalan2 raun2 di blogku yg diblogspot ngga ada taglinenya tp dr namanya sudah mencerminksn taglinenya diwordpress, partnerinvain itu ada taglinenya????

  3. Saya ketemu tag line itu cuma karena saya kebetulan saja menemukannya, terus kayaknya bagus, dipakai deh, filosofi baru muncul belakangan :haha. Tapi yang bagus ya yang seperti ini sih, ada filosofi mendalam di balik tagline itu :hehe. Great post!

  4. onde mande..! betapa bangganya uda anto klo tau kata2nya jadi tagline BK.. 😛

    aku suka tagline nya, ringkas, pas banget menggambarkan si empunya blog.

    • ini juga gara2 kagum juga sama da Anto yang tau jalan motong2 dan bisa kasih info soal kuliner…, pengemudi sekaligus tour guide

      ah..jadi cocok ya mak dipake taglinenya …trims, nggak salah pilih kalau gitu

  5. tagline pertama di blog aku Si Goiq Terbang Ke Awan… filosofinya melalui tulisan-tulisan di blog membuat aku bisa terbang kemana-mana. mengunjungi teman blogger yang tersebuar di Indonesia maupun di luar negeri. Kemudian aku ganti menjadi Catatan Si Goiq, lebih simple aja sih..

  6. Saya bikin tagline belajar tiada henti. Salah satunya supaya saya tetap belajar.
    Kalimat candu raun itu dulu kadang dibuat ejekan buat anak yang maunya pengen ikut saja. Waktu kecil ada bus di kampung saya jurusan ke Padang ditulisi kalimat candu raun di kaca bagian belakang. 🙂

  7. Penemuan yang pas nih ceritanya … 🙂
    Saya belum punya cerita selain sejak dulu suka kata-kata ini, “ngeblog dengan riang”.
    Jadi kalo saya sampai saat ini belom ngeblog lagi berarti belom riang nih Bun ha ha.
    Suwun

  8. Gak pernah kepikiran tentang tagline sebenarnya bun. Udah ada dibuat dari pertama buat blog aja itu tagline di blog aku dan males buat ngubahnya. Hahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.