Buka Puasa dengan 3 Hidangan Mancanegara Gaya Lokal

20
252
waffle plus ice cream

Ramadhan Kareem. Ramadhan  sudah hampir sampai di titik akhir,  baru sekarang mau kasih ide menu untuk berbuka puasa? Bukannya terlambat banget  he.. he..?   Ibu-ibu yang lain pastinya lebih paham dan banyak pengalaman dalam menyusun menu. Menurutku tulisan ini hanya sekedar berkisah kejadian di ruang makan rumah kami sehari-hari. Akibat mentok ide  dan sudah bosan akhirnya coba utak atik resep  masakan mancanegara tetapi dengan gaya lokal.

Sebagian besar menu yang disajikan di atas meja makan kami sama saja seperti di rumah-rumah lainnya. Yang kami santap tentu hidangan khas Indonesia yang biasa muncul  di saat bulan puasa. Coba saja sebut contohnya pasti sama deh. Ada bubur kacang ijo, bubur sumsum, kolak biji salak, kolak kolang kaling alias buah atap dan  berbagai jenis gorengan. Sudah barang tentu ada pula pilihan miuman dingin dari serial Food Photo Story #5  minuman segar untuk berbuka puasa khas daerah .

Menu tersebut di atas  disediakan  untuk anak-anak, kalau untukku sendiri sudah lebih suka berbuka puasa dengan buah-buahan. Menyantap aneka bubur itu akhirnya timbul rasa bosan, setelah  masing-masing tampil dua kali.

Apa lagi ya  idenya?

Makanan yang disiapkan ini berasal dari mancanegara. Tetapi resep tak mutlak sama dengan resep aslinya. Ada perubahan di sana-sini menyesuaikan dengan gaya lokal dan  kondisi bahan  yang ada.

Ada orang yang berpendapat bila memasak makan asing sebaiknya tetap mengikuti resep asli. Kalau resep asli mengharuskan masakan dipanggang dalam oven mengapa dirubah jadi dikukus? Eh, tapi itulah yang cocok dengan lidah kita. Buktinya brownies kukus laris manis dan masih disukai hingga kini.

Menurutku sih ini hal yang jamak ya. Sejak dulu orang kita sudah  mengenal  akulturasi dalam bidang kuliner.  Makanan asing di tangan ibu-ibu Indonesia bisa  disesuaikan  sedemikian rupa supaya cocok dengan lidah lokal.  Perubahan terjadi karena memakai bumbu yang banyak ditemui di sini. Misalnya lontong Cap Go Meh yang sejarahnya adalah paduan antara tradisi Cina dan Jawa. Contoh lainnya Sop Snerek dari Magelang yang  diadaptasi dari kuliner londo. Dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Berikut ini usulan  dan permintaan jenis makanan dari anak-anak. Semuanya  sudah dieksekusi.

Wafel KW alias Kue Pukis Es Krim

waffle plus ice cream

Suatu hari si bungsu kepengen banget makan wafel yang dilengkapi topping es krim.  Sayangnya di sekitar rumah tak ada yang jual  kue tersebut.  Mau coba buat kue wafel sendiri  nggak punya  alatnya.

Untung saja pak suami panjang akal. Dibelinya kue pukis di pasar ramadhan dan juga  es krim vanilla cup ukuran kecil.  Di atas kue pukis tambahkan es krim vanilla.

He.. he.. ternyata  anak-anak suka dengan kue pukis dengan topping dingin segar itu. Kali lain bisa juga dibuatkan  kombinasi pancake dan es krim.

Btw tahu kan kue pukis itu apa? Kue ini banyak dijual di abang dorongan. Bentuknya setengah lingkaran. Nggak  terpikir untuk foto. Langsung coba sendiri saja ya.

Banoffee Cake

Tentang kue ini baru tahu dari si bungsu yang dapat resep  dari temannya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Banoffee ini tak banyak dan gampang pula  langkah-langkah membuatnya.  Ya tentulah karena nggak  ikut resep aslinya. Cara memasaknya pun pilih yang praktis.  Nggak perlu pakai  oven,  alat besar yang dipakai cuma  kompor dan kulkas saja.

Nama kue ini unik. Ternyata  namanya  itu   berasal dari gabungan  banana dan toffee.  Kue ini diciptakan oleh pengusaha restoran  asal Inggris di tahun 1971. Kue terus  disukai sampai saat ini. Awal dibuat berupa banoffe pie kemudian di tangan orang-orang kreatif pie  mengalami modifikasi menjadi banoffee cake dan cupcakes.

Bahan :

1 bungkus biskuit mari,  hancurkan

1 kaleng susu kental manis putih

2 sendok makan munjung mentega, lelehkan

2 – 3 buah pisang

1 bungkus  Whipped cream instan

1 batang coklat Kitkat

Cara membuat :

  1. Biskuit dihancurkan, lalu campurkan dengan mentega cair, aduk rata
  2. Masukkan ke dalam wadah. Padatkan adonan dengan punggung sendok. Dinginkan di dalam kulkas.
  3. Sementara itu buat caramel. Masukkan susu kental manis dan 1 sendok teh mentega yang telah dicairkan ke dalam panci. Masak dengan api kecil dan aduk terus sampai mengental, jangan sampai mendidih.
  4. Tuang karamel ke atas adonan biskuit. Diamkan di kulkas
  5. Di bagian atas letakkan potongan pisang
  6. Terakhir oleskan whipped cream instan dan parutan coklat.  Sajikan dingin.

Lasagna

Masakan mancanegara yang juga disukai anak-anak adalah aneka pasta. Pasta kering yang sudah banyak dijual di minimarket dekat rumah hanya macaroni dan spaghetti. Sayangnya lasagna kering tak ada, harus cari ke supermarket yang lebih  besar. Tapi  sudah kepingin banget makan lasagna bagaimana caranya?

Pakai kulit pangsit  atau lumpia saja sebagai pengganti lasagna. Info ini dapat dari sebuah situs  milik food blogger. Di pasar  basah dekat rumah sudah ada yang menjualnya.  Kadang-kadang tukang sayur keliling juga menyediakan kulit lumpia.

Saus andalan  untuk lasagna tetap saja yang paling gampang, saus Bolognaise, tentu ditambah saus putih yang dibuat dari campuran susu dan tepung.

Jadi ingat pengalaman pertama kali masak lasagna saus Bolgnaise untuk hidangan buka puasa.  Pengalaman gagal he.. he..

Kegagalan buat lasagna  itu sebabnya karena  aku tak tahu ada dua macam pasta, pasta biasa dan instan. Kalau pasta instan itu bisa langsung dipanggang, nggak perlu direbus dulu.  Disangka pasta instan langsung saja lempeng lasagna  ditata dalam pinggan tanpa merebusnya dulu.  Akibatnya, bedug magrib sudah terdengar hidangannya belum matang he.. he.. Akhirnya jalan keluarnya,   pasta kering yang sudah tertata rapi  diambil lalu direbus dahulu sampai matang lalu ditata ulang.

Sebagai tambahan  selain buka puasa  dengan  hidangan mancanegara gaya lokal, puasa tahun ini juga ada menu sayuran  goreng crispy. Nah karena bosan dengan pisang goreng, tahu goreng isi juga bisa diganti dengan  aneka  sayuran goreng. Brokoli, kembang kol  dan jamur digoreng dengan memakai tepung bumbu terasa nikmat.  Garingnya kulit luar berpadu dengan empuknya sayuran membuat sensasi tersendiri.  Ini jadi keunikan yang bikin ketagihan. Buka puasa semakin bersemangat dengan hidangan yang menggugah selera.

 

20 COMMENTS

    • nah ketemu satu lagi nih penggemar lasagna he.. he..
      memang enak ya lasagna itu, cuma jangan sering2 deh.. rada mahal sih he.. he..

  1. Hmmm, kreatif juga ya kulit pangsit dijadiin pengganti pastanya. Masalah rasa sih mungkin berbeda, tapi aku penasaran sama konsistensinya strukturnya. Apa bisa jadi kayak pasta gitu ya kalau dimasak lasagna? Hmm

  2. aku suka yg simpel gini, gak ribet, mau ah dipraktekkin … bener bikin pasta itu ada tekniknya, aku baru lulus di spaghetti + lasagna + quiche … sisanya mendingan mamam di warung pizzanya langsung XD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.