Bika Padang

40
273
bika padang

Ada Bika Ambon,  ada  Bika Padang. Nama penganan ini boleh sama tetapi rasa dan bentuk sungguh jauh berbeda. Bika Ambon berwarna kuning  dengan tekstur berlubang-lubang mirip sarang tawon, sedangkan Bika   dari Sumatera Barat ini berwana putih dan teksturnya mirip kue apem.

Sewaktu kopdar silaturahmi dengan LJ  ke Bukittinggi tahun lalu   kulihat banyak papan nama penjual bika. Diniatkan akan mampir ke dangau aia kawa (minuman dari rendaman air daun kopi)  yang biasanya juga menyajikan bika. Sayangnya warung aia kawa yang kami mampiri hanya menyediakan aneka gorengan saja.  Makanya tak sempat mencicipi bika di daerah asalnya.

Penasaran dengan bentuk dan rasa kue Bika Padang akhirnya bisa terbayar. Di daerah Cibubur, Jakarta Timur aku bisa mencicipinya di  rumah makan kecil yang  menyediakan bika aneka rasa selain rasa asli.  Sayang kini  tempat ini sudah tutup. Ada yang ditambahkan nangka, durian, gula merah. Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung beras, tapai singkong, santan, kelapa parut dan gula, yang kemudian dipanggang. Rasanya empuk dan gurih khas kue asli Indonesia, lezat …

40 COMMENTS

  1. iya kak, bika minang = apem..

    penganan tradisional yang masih ada dari aku kecil sampai sekarang,
    paling enak makannya panas2, saat keluar dari tungku pembakaran.
    sambil ngobrol di pinggir telaga.. minumnya aia kawa.

  2. enak makannya pas anget …
    tapi yg dinginnya enak juga, nggak keras ..gara2 males angetin pagi2 ..abis udah nyisa satu he..he..
    di sini harganya cukup mahal juga mak ..yg original 5 ribu, yg aneka rasa 6500…..

    • xixi, klo ke sini borong ya kak.. yang kecil rasa kelapa cuman seribuan.
      yang besar dengan rasa buah, 2.500.

      yang seribuan biasa dijajakan bersama pisang rebus dan kacang kedelai rebus. #di sekitaran jam gadang.

  3. Mbaaaaaa…
    Kalo bika ambon mah udah sering makan..
    Anak anak juga doyan banget tuh…

    Tapi kalo bika padang mah belum pernah tuh mbaaaa…
    Coba ntar suruh abah nyari deh…hihihi…

    • kemarin itu karena buru2 males nungguin yang baru dari tungku, tapi beli yang udah siap aja…, tapi masih anget ….
      gurihnya juga berasa makin enak dengan aroma bakarnya itu..

  4. Kebayang apem pas ngeliat pertama tapi bentuknya mirip kue lumpur Mba Monda. Jadi ngiler pengen nih Mba. Kayaknya bakalan lebih suka Bika Padang deh. Kalo Bika Ambon manisnya keterlaluan. 😛

  5. Saya baru dengar ada bika Padang. Jadi penasaran dengan rasanya 😀
    Jajanan yang pake arang gitu biasanya sedep banget ya, Mbak 🙂

    • coba buat aja Kin…., Akin kan pinter masaknya..
      keliatannya gampang buatnya, bahannya juga sederhana

  6. mbak..seperti Dani, saat melihat penamplannya langsung teringat kue lumpur… setelah membaca penjelasan mbak, apa blh disimpulkan bhw bika padang = kue apem?

  7. Mbak Mondaaaaaa….ini kan kue yang bikin saya penasaran!
    Saya pernah datang kesana siang-siang tapi tokonya tutup. Dikirain memang tutup terus. Tapi pas lewat jalan tol Cijago malem-malem, iseng-iseng saya tengok ke kiri jalan…eh, eh…ternyata buka tuh!
    Makin penasaran setelah baca postingan ini.
    Bingka mariana ini memang indak dibali takana-klana terus kayaknya…
    😀

    • dia ini kayaknya emang baru buka ya mbak… dulu2 sih belum ada…
      ayooo … ada yang penasaran dan takana-kana juga …
      ada soto dan nasi gorengnya juga lho mbak..

      • kl Bika Ambon pernah lihat di jl Cempaka Putih Raya, atau di Jatinegara, kl nggak salah sesudah tetminal kp melayu arah cawang, letaknya sebelah kanan jalan
        maaf lupa nama tokonya
        atau cari di toko kue Mayestik

  8. Iya, mirip apem. Serupa tapi tak sama ya Bu Mon.
    Aduh, jadi laper lagi 😛

    Link blognya Bu Mon, aq taruh di blog ku ya. Kemarin habis ganti template, ilang semua. Dan edisi malesnya kumat. Jadi mumpung senggang, dirajin2kan hehe.

    • thanks mbak Esti link sini udah disimpan
      link mbak Esti juga ada di blogrollku ya…, cuma aku mampir ke blog mbak Esti nggak kasih komen, dari hp susah komen di sana …, abis modemnya udah bermasalah

  9. Mungkin aku lebih suka bika ambon daripada yang padang. Dulu tidak begitu suka sih bika ambon, tapi sekarang kadang-kadang ingin juga 😀
    Belum bisa buat bika ambon nih 😀

  10. aku kurang suka bika ambon Bun, entah kenapa menurutku aneh aja rasanya hihihihi. tapi bika padang ini keknya enyak ya, ga giung (terlalu manis) kan? *menelan ludah*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here