Bermalam di Hotel Seruni Cisarua Puncak

36
4355
Hotel Seruni Cisarua


Hotel Seruni Cisarua

Gara-gara tema photo challenge mingguan dari Dailypost Weekly Challenge : Atop teringat ada foto di atas ini.  Ini adalah view dari lantai 3 di Hotel Seruni, Cisarua, Jawa Barat. Ternyata cukup banyak juga foto yang masih belum pernah dipakai, sekalian saja dibuat posting. Ini bukan artikel berbayar ya  (karena ada saja sih yang suka  tanya begitu).

Daerah Puncak di kabupaten Bogor   sejak dahulu telah sangat dikenal untuk tempat istirahat. Wilayah ini jadi tujuan wisata favorit. Udara sejuk, pemandangan pegunungan hijau menawan jadi salah satu alasan. Tak heran di sini bertebaran banyak villa dan hotel dengan berbagai fasilitas dan harga bersaing.

Hotel Seruni    ini sudah ada sejak lama. Total sudah 3 kali ke sini dalam rentang waktu cukup panjang. Yang pertama kali datang ke hotel ini  untuk liburan keluarga. Saat itu  anak-anak masih usia SD. Seingatku dulu hotel ini masih berukuran sedang, ada kolam renang  dan punya halaman luas tempat anak-anak berlari ke sana kemari.  Gaya bangunan pun masih jenis minimalis modern.

Kini area hotel sudah semakin luas. Bangunan hotel  dan fasilitas pun sudah bertambah, makanya ada hotel Seruni 1, 2 dan 3.  Hotel Seruni, sebuah hotel bintang 3, berdiri di atas lahan seluas 32 hektar. Hotel ini masih menjadi hotel termegah dan terbesar di kawasan ini.  Kembali lagi ke sini dua kali lagi, 2013 dan 2016,  saat ada acara kedinasan. Jumlah kamarnya yang banyak sanggup menampung rombongan dalam jumlah besar.

Lokasi Hotel Seruni  tak jauh dari Taman Safari. Jalan menuju hotel ini kecil dan sempit, jadi seperti masuk ke dalam perkampungan. Agak deg-degan naik bis besar ke situ. Takut pas di belokan menyenggol pagar atau benda lainnya.  Tapi buktinya bis bisa masuk dengan mulus.
Oh ya, menuju ke hotel ini bisa lewat jalan pintas dari area Tea Walk di Gunung Mas. Saat itu jalan turun dari Gunung Mas sudah diberlakukan buka tutup, sehingga  rombongan tak bisa segera kembali ke hotel. Ada yang menyarankan cari tukang ojek yang bisa memandu lewat jalan kampung untuk kembali ke hotel. Jalan itu hanya untuk kendaraan kategori SUV bukan bis.

.

Arsitektur hotel ini paduan gaya Bali, Sunda  dan Barat.  Lobby hotel, ruang makan, koridor semuanya berhiaskan ukiran keemasan Bali di dekorasi dinding, pintu-pintu dan furniturnya.  Jadi banyak spot untuk foto-foto cantik.

Interior kamar hotel dominan berhiaskan ornamen ukir prada gaya Bali. Gaya ini terlihat jelas pada tempat tidur, kursi dan meja, juga di plafon. Tetapi di sudut itu ada tiang lampu gaya Barat. Paduan yang nggak cocok ah.  Setiap kamar punya teras dengan sepasang kursi. Dari sini bisa menanti senja dan lalu melihat ke area kolam air mancur dengan lampu warna warni meriah. Air mancur bisa berubah-ubah warna.  Senang menontonnya walau dinginnya angin bikin menggigil. Kalau melihat matahari terbit  tak terlalu spektakuler, tertutup kabut.

Oh ya kamar tidurnya sangat luas. Dengan tambahan satu extra bed masih sangat leluasa bergerak di dalam kamar. Kamar mandi pun cantik dan  lega. Ada bathtub dan shower serta toiletries lengkap dengan hairdryer dan handuk. Juga sandal kamar.

gamelan tradisional Bali

Nah rupanya untuk  meneguhkan nuansa Bali rombongan kami disambut dengan welcome dance, tari Pendet. Acaranya langsung dibuat di aula ballroom  tempat pelatihan. Pengiringnya tentu saja gamelan khas tradisional Bali, dimainkan secara langung.   Saat makan malam pun dibuat penampilan yang sama di ruang makan.  Tentu dengan tarian berbeda.  Usai para seniman yang juga merupakan pegawai hotel ini tampil, rombongan boleh berfoto  bersama.

Bokor Penari Bali

 

Hotel ini memang cocok untuk yang datang untuk pelatihan atau keluarga yang suka staycation saja. Fasilitasnya lengkap. Sarana kolam renang ukuran olimpiade dan jenis-jenis olahraga lainnya ada beberapa. Hanya, karena sempitnya waktu luang di sela jam pelatihan tak sempat menjelajah semua sudutnya. Untukku pribadi sebenarnya aku lebih suka tipe villa yang bisa eksplor sekeliling lingkungan. Hotel seperti ini rasanya seperti ada di tengah kota, kurang pas untuk tetirah.
Ada 3  kolam renang di  kompleks ini. Satu hotel satu kolam renang, tetapi tamu hotel boleh bebas berenang di kolam sesuai dengan pilihan masing-masing.   Kolam renang  plus pasir pantai di Seruni 3. Di Seruni 2 ada kolam jacuzzi kecil selain kolam renang anak dan kolam yang lebih dalam. Ada pula kolam renang dengan waterpark. Informasi ini kudapat dari  temanku. Dia berenang malam hari usai acara pelatihan, walau mengigil minta ampun he.. he.. Fasilitas lainnya yaitu spa, restoran, coffee shop, gym dan wifi di kamar.
kincir angin modern
Acara pelatihan setiap pagi diawali dengan senam bersama. Kami diberikan tempat di rooftop, nggak ada lapangan lagi sepertinya. Tapi malah jadi ada pemandangan lain. Di rooftop ini ada kincir angin dan panel-panel surya.  Panel surya juga kulihat ada di salah satu lapangan parkir. Tampaknya untuk memasok sebagian kebutuhan listrik hotel ini. Kalau  seluruhya kurasa jumlah panel surya kurang banyak.
Menurut berita di media kabarnya hotel ini pun menyediakan bahan makanan organik. Salutlah ada usaha untuk lebih hijau. Hitung-hitung untuk membayar kembali luasan lahan yang telah ditutup oleh area  gedung dan berbagai fasilitasnya.
Cisarua Puncak
Nggak bisa dielakkan pasti deh ingin foto-foto pemandangan hijau pagi hari di pegunungan.
Berikut beberapa tips supaya nyaman menginap di Hotel Seruni :
  1. Booking hotel jauh hari, tentu supaya bisa pilih view yang cantik  ke arah  pengunungan atau ke kolam air mancur dengan  kerlip lampu warna warninya.
  2. Bawa jaket  untuk yang kurang tahan terhadap udara dingin.
  3. Jangan lupa bawa baju renang dan perlengkapan olahraga lainnya.
  4. Bawa banyak cemilan.  Jauh jaraknya ke minimarket
  5. Berangkat pagi ya,  karena ada  pengaturan buka tutup jalur.

 

 

Alamat  Hotel Seruni :  Jl. Raya Pirus, Kampung Baru Tegal, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesi

Phone :  +62 251 8258668

36 COMMENTS

  1. Hotelnya sepertinya memang sangat cocok untuk acara pelatihan ya Kak, semua lengkap dan ga terganggu oleh hal lain *nyambi2 cuci mata keluar area hotel* 😀

  2. Mba ini ownernya orang Bali kah? kental banget suasananya. Jadi puncak rasa Bali hihi..
    Aku emang ada rencana ke Taman Safari sih, ini hotelnya bisa jadi referensi 😀

  3. Kapan2 lanjut ke Cianjur Selatan Mbak 🙂
    belum ada hotel sih, tapi pemandangan bagus tak kalah dari Cisarua. Ini malah masih perawan pemandangannya. Belum terjamah saking pelosoknya hehehe…

  4. Kak Mondaaa, seperti biasa, foto-fotonya keren.

    Arsitektur hotel: Bali, Sunda, dan barat? Saya makin penasaran kayak apa. Besok2 kalau ke sana lagi, diekspos lagi detailnya ya 🙂

    • ukiran aja di mana2 mbak….
      foto2 eksterior yang aku punya banyak orangnya, bareng sama teman2, jadi sungkan mau diupload

  5. hanya pernah lewat saja .. hehehe .. memang terlihat besar .. dan selalu ramai … ga heran puncak setiap weekend selalu rame dan macet. Hotel ini termasuk yang direkomendasi kalau saya baca2 di internet

  6. Bagus pemandangannya yaa, yang ini Hotel Seruni brp bu ?
    Sudah lama gak jalan, aah semoga aja weekend bisa jalan minimal Puncak 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.