Berbuka Puasa Bersama Teman

0
135

Pernah tinggal di beberapa kota selama sekolah dan bekerja berarti punya beberapa grup WA. Mulai deh sejak awal Ramadhan ada ajakan buka puasa bersama. Dari yang awalnya cuma iseng sampai akhirnya memang mengorganisir acara buka puasa bersama teman atau kerabat.

Sewaktu masih ada almarhumah mamaku, sampai dengan dua tahun lalu,  harus deh ada satu hari  kumpul untuk buka puasa bersama, karena rumah kami berjauhan.  Cukup di rumah mama saja. Yang penting bisa silaturahmi dengan orang tua dan meramaikan rumah. Walau mama tak ikut berpuasa lagi karena dilarang dokter akibat diuji kesabarannya dengan mengalami  gagal ginjal.  Selalu ya kalau kumpul itu semuanya kompak nggak mau makan berat. Menunya sederhana hanya bakso buatan rumah saja. Tapi mungkin karena kebersamaan itu semua orang berbuka dengan nikmat dan lahap.

Tahun ini karena ada sesuatu hal terkait jadwal anggota  keluarga inti yang tak bisa ditunda, buka puasa bersama harus dibatasi. Aku tak berani menjanjikan  akan ikut. Lihat situasi dan kondisi. Tapi akhirnya bisa deh buka puasa bersama sebanyak dua kali.  Yaitu dengan rekan-rekan puskesmas lama dan baru.  Itu pun kami pilih restoran di mal dekat tempat kerja supaya tak terjebak macet dan bisa segera pulang sebelum adzan Isya.

Buka puasa bersama rekan-rekan kerja dari tempat lama itu bisa tertawa lepas. Keakraban kami sangat erat terjalin selama menjalani proses akreditasi puskesmas. Tapi kami sudah terpencar di beberapa tempat berbeda. Kostum pun masih pakaian seragam kerja ha.. ha.. atau ganti baju atasan saja.

Buka Puasa Bersama Teman, Warung Tekko

Sedangkan buka puasa bersama dengan rekan kerja di tempat baru maksudnya ingin saling mendekatkan diri, maklumlah  bekerja sama baru selama 3 bulan.
Yang repot jika berbuka puasa bersama itu ya menentukan tempat, susah kalau dadakan. Banyak orang pun melakukan hal yang sama. Akibatnya  mau sholat magrib pun harus antri. Aplagi di mal kecil  musholanya sangat minimalis.  Supaya tak antri panjang di tempat wudhu dan musholla, cukup batalkan puasa dengan air minum saja dulu. Setelah selesai sholat barulah makan dengan tenang sambil ngobrol lagi. Nggak usah lama, selesai makan langsung pulang saja, keluarga sudah menanti di rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.