Belanja Online Kain Shibori

20
733

Sumber : https://www.lelly.id/kain-shibori-batik-jepang/

Belanja online pasti kini sudah bukan hal aneh ya. Masih ingat pertama  kali beli apa?  Kalau aku sih  belanja buku, karena buku yang kumau itu tak tersedia di toko buku offline. Kala itu tak berani sih beli buku dalam jumlah banyak pokoknya sesuai batas minimal saja, dan bayarnya di tempat.   Info tentang toko itu pun tau dari adik. Maklum belanja perdana harus cari rekomendasi terbaik.  Seandainya apes karena barang tak diterima kerugian finansial tak terlalu banyak.

Sukses belanja buku, lalu coba belanja peralatan dapur yang bukan pecah belah. Kemudian belanja sepatu online juga berhasil. Nah berani beli sepatu ini gara-gara dapat hadiah kontes berupa sepatu The Warna. Pemiliknya, yang telah kenal lama karena teman blogger, MF Abdullah,  minta nomor sepatuku, lha kok  sepatunya nyaman  dipakai. Alhasil kemudian jadi memesan sepasang sepatu lagi dengan model dan motif berbeda. Ketagihan belanja online nih ceritanya.

Tapi  setelah sekian kali melakukan transaksi pembelian lewat dunia maya, aku masih belum tertarik beli pakaian. Beli busana untuk dipakai itu kan  agak ribet ya. Rasanya nggak afdol kalau beli baju nggak dicoba dulu di kamar pas, cocok tidak modelnya dengan proporsi tubuh, bagaimana kenyamanan jenis kainnya.

Tapi pendirian itu akhirnya berubah setelah tak tahan lihat indahnya kain batik dan shibori di timelineku. Produk itu dihasilkan oleh pasangan rekan blogger yang telah kukenal lama. Aku bahkan telah pernah kopdar dengan sang suami. Mereka adalah kang Yayat dan mbak Lelly.

Kang Yayat Sudrajat   adalah fotografer dan   blogger senior tempatku beli hosting  sekaligus  yang mendandani dan maintain blog ini, juga tempat konsultasi tentang seluk beluk dunia blogging.   Nama jual produknya yaitu Batik Ganitri yang dikelola oleh sang istri mbak Lelly.

Kain Shibori itu berasal dari Jepang makanya  sering  disebut Batik Jepang. Menurutku pembuatannya mirip dengan teknik jumputan Palembang dan sasirangan Kalimantan Selatan.

Motif pada kain Shibori  dibuat dengan cara merintang warna melalui proses melilit, mengikat, menggulung dan lain-lain sehingga tercipta ornamen unik. Makanya jarang ada kain yang bisa sama persis. Untuk membuat shibori ada teknik folding, scrunching, tying, stichting dan the sixties thing. Kemudian kain dicelup ke dalam larutan pewarna.  Tak ada proses pelorotan malam, tetapi ada proses melepaskan lilitan. Untuk jelasnya tentang tata cara pengerjaan batik Shibori bisa langsung ke  blog mbak Lelly ya di  Catatan Lelly, Kain Shibori Batik Jepang.

Komunikasi dengan mbak Lely berlanjut via whatsapp dan aku dikasih pilihan berbagai motif yang cantik. Pelanggan bisa pilih motif dan warna  sesuai minat. Ada 3 macam kain yang dipakai yaitu bahan katun, bahan Paris dan sanforized,  serta pilihan pakai bahan pelapis tricot yang membuat kain jatuhya lebih bagus.  Semuanya bisa dibicarakan dengan  beliau. Pengerjaan kain perlu waktu seminggu. Karena aku minta langsung dijahitkan (cukup kasih info ukuran lingkar badan saja) makanya baru selesai 2 minggu kemudian.  Aku pesan warna biru dengan motif garis abstrak dan warna merah motif ceplokan kombinasi garis. Cantik banget deh, suka sekali.

Setelah pakaian  selesai dijahit dikabari dulu oleh mbak Lelly minta persetujuan. Ternyata ada yang aku mintakan koreksi sedikit soal panjang lengan. Kehendakku ditanggapi dengan sangat baik. Setelah baju sampai ke alamatku alhamdulillah pas banget. Puas deh belanja online di Batik Ganitri.

Kesimpulannya belanja online apapun, tak hanya beli kain shibori, harus pastikan penjualnya bisa dipercaya, lebih baik cari rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah memakai jasanya.

 

20 COMMENTS

  1. Trimakasih banyak atas keprcayaannya bund…
    Terimakasih juga atas reviewnya
    Mohon maaf jika ada yang dirasa masih kurang
    Salam hangat

  2. Duh kainnya cantik. Jadi sekarang udah bisa beli kain shibori di Indonesia ya, Mbak. Senang sekali, karena selama ini cuma mupeng menanti kalau ke Jepang.

  3. Waaahhh mba, simpah cakeeep bangettt. Aku suka yg wrna merah tuh.. Di solo tp mereka buka toko ga yaa? Kampung suamiku di solo.. Pgn jg ksana kalo lg mudik nanti. Kalo kainnya okelah bisa pilih online. Tp kalo ukur bdn, aku ga yakin bisa bener kalo lakuin sendiri 😀

    • aku belum tau ada tokonya nggak ya, kalau soal ukuran standar pakai ukuran yg umum kok,
      boleh tuh Fanny coba hubungi mbak Lelly

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Monda….

    Corak motif pada bajunya sangat menarik terutama yang merah itu, mbak. Sungguh kreatif dan penuh estetika. Pasti gembira sekali dapat memiliki baju yang diidamkan. Sudah tentu segala kerunsingan sebelum ini dapat dibuang setelah melihat hasilnya dan sudah memakainya, ya. Betul mbak, sebaiknya membeli di toko online yang kita sudah percayai agar tidak ditipu.

    Salam Syawal yang indah dari Sarikei, Sarawak. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.