Tahun ini akan jadi Ramadhan ekstra buat keluarga besarku. Tahun inilah untuk pertama kalinya berpuasa dan Lebaran tanpa orang tua di kedua belah pihak. Hiiik..
Tahun lalu ibu mertua wafat, dan satu bulan yang lalu ibuku pun telah dipanggil pulang oleh Allah SWT. Pada awalnya pasti akan terasa gamang  menjalankan rutinitas tahunan ini. Sebelumnya bisa konsultasi  soal apa pun termasuk hidangan Ramadhan dan Lebaran dengan  kedua almarhumah ibu, kini semua harus diputuskan sendiri.  Tahun ini masak  rendang dengan resep andalan keluarga itu nggak ya, atau pesan saja?
Tahun ini pun pekerjaanku sedang banyak tuntutan.  Setelah selesai memberikan pelayanan kepada pengunjung, sepanjang hari harus duduk menghadap layar komputer untuk menyiapkan dokumen akreditasi yang bukan main jumlahnya. Belum lagi ada pertemuan-pertemuan pendampingan  yang diselenggarakan oleh instansi di atas kami. Terbayang deh nggak bisa leluasa ngemall cari kebutuhan Ramadhan dan Lebaran he.. he..
Apa saja sih persiapan menghadapi bulan suci ini?
Kebutuhan kami di kedua bulan suci itu dari tahun ke tahun nggak berubah. Pastinya harus ada makanan dan minuman kesukaan seluruh keluarga, seperti kurma, madu dan buah-buahan untuk berbuka.  Juga harus menyiapkan beberapa jenis kue-kue lebaran untuk di rumah, mukenah, baju koko dan busana lebaran, THR untuk bibi asisten rumah tangga, dan hantaran ke tetangga. Dan ingin  juga ganti gorden yang sudah usang he.. he…, tetapi kepengen juga punya kamera mirrorless. Bingung deh.
Pokoknya mah kudu direncankanan agar supaya THR  digunakan dengan bijak.   Jangan sampai  tekor deh, kan harus memikirkan transportasi dan akomodasi mudik juga.
Baiklah, aku akan belanja online saja untuk menghemat tenaga. Waktu untuk belanja lebih baik dikurangi supaya tetap bisa beribadah dan bekerja dengan baik.  Ada cara tertentu lho supaya belanja online bisa lebih praktis dan  hemat. Karena sebelumnya beberapa kali  belanja di Tokopedia, kali ini pun akan tetap serius buka halaman demi halamannya cari perbandingan harga yang baik.
 

Nah supaya nggak boncos  harus ingat tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia :

  1. Membandingkan harga

Layaknya mall, Tokopedia adalah mall dunia maya he.. he.. Banyak toko online berkualitas yang terdaftar di sana. Produk yang ditampilkan pun tak hanya satu dua, namun banyak macamnya. Untuk menghemat pengeluaran belanja online nggak usah juga ngecek semua toko, bakal habis waktu lha wong jumlahnya bisa ribuan. Masukkan jenis benda yang dibutuhkan di kolom search.  Pilih toko langganan saja bandingkan dengan beberapa toko lainnya, lalu pilih produk dengan harga yang cocok di kantong dan pas spesifikasinya.

 2. Pilih produk dari produsen setempat

 Ramadhan Ekstra tak berarti melupakan produk lokal lho. E-commerce seperti Tokopedia dengan produk terlengkap ini punya koleksi produk dari dalam negeri maupun dari brand terkenal  asal negara lain yang sudah mendunia.  Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3. Jatuhkan pilihan pada toko online paling dekat dengan domisili

Ongkos kirim jadikan pertimbangan juga ya. Produsen yang lokasinya di kota atau pulau yang jauh tentu akan besar ongkirnya. Di Tokopedia bisa lho diperiksa lokasi rinci  toko onlinenya. Jadi pilih saja penjual yang dekat dengan lokasi rumah, bakal lebih hemat ongkos kirimnya kan.

4. Pilih cara pembayaran yang tepat

Belanja di Tokopedia itu mudah, bayarnya pun sama mudahnya. Pembayaran bisa dengan cara  transfer lewat bank, bayar pakai kartu kredit, cicilan atau mau bayar tunai melalui minimarket dekat rumah. Praktis banget kan ya.

5. Pilih cara pengiriman

Ada beberapa alternatif pengiriman yang difasilitasi oleh Tokopedia.  Pilihannya ada pengiriman konvensional lewat perusahaan ekspedisi. Atau ingin yang lebih kekinian, bisa  pakai kurir dari jasa transportasi online. Tinggal membandingkan ongkos kirimnya saja deh.

 

6. Manfaatkan promo dan diskon

Siapa sih yang tak tergiur dengar kata promo dan diskon. Mana suaranya, tunjuk tangan dong yang doyan diskon.  Lumayan banget lho bisa sangat menghemat pengeluaran. Nah, Tokopedia punya rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan. Makin ekstra deh bulan Ramadan ini

Dan makin ekstra lagi, karena pada tanggal 25 Mei akan ada kejutan dari Tokopedia. Seperti apa ya kejutannya…, hi.. hi… jadi penasaran, apa akan seperti Black Friday ya, atau diskon lebih dari 50 persen?  Jadi ingin langsung loncat  deh ke  tanggal 25, mudah-mudahan juga  THR sudah keluar, bisa langsung borong he.. he..

 

5 COMMENTS

  1. Akhirnya…bisa menulis komen, beberapa hari sulit menuliskan komen di postingan ini.
    Selamat menyambut ibadah puasa ya mbak dan keluarga terkasih. Penuh rahmat dan berkat, dikaruniai kekuatan hingga usai ibadah puasa.
    Untuk urusan diskon…unjuk jari tinggi dong ya.
    Salam hangat kami

    • makwo, keluhan emak sama kayak oma.. sangat sulit membuka postingan msdotcom.. sudah coba lewat hape beberapa kali, sekarang berhasil setelah pake laptop.
      met menjalankan ibadah puasa wat makwo, pakwo dan semuanya.. semoga lancar ibadah kita, amiin.

      • pantesan, aku sendiri pun ikut sulit buka lewat hp
        kirain hpku yang sudah jadul

        terima kasih ya budem selamat puasa juga buat mak dan bapak Sga, juga nenek

  2. applicable banget tips-nya … mesti di ikutin .. di bulan ramadhan ini memang pengeluaran membengkak .. hadehhh … buat makan .. pakaian .. thr .. apalagi buat mudik 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.