Begini Cara Mengatasi Kulit Kering

0
78
Image by Steve Buissinne from Pixabay
Kulit berminyak bikin masalah, kulit kering pun sama saja, tetap ada masalah. Jadi maunya bagaimana? Yang sedang-sedang saja he.. he..  Kulit berminyak di wajah  seiring bertambahnya umur kok kurasa jadi berkurang. Malah cenderung jadi kering. Apalagi kulit kaki dan sekitar siku kering banget, jadi kadang seperti timbul sisik, kering dan mengelupas.  Bagaimana sih caranya mengatasi kulit kering?
Sering berada di luar ruangan terkena paparan sinar matahari bisa membuat kulit kering. Berdiam berlama-lama di ruangan berAC pun membuat kulit kering. Selama puasa pun cenderung kulit akan jadi kering. Kulit kering itu rasanya perih banget, seperti ditusuk-tusuk.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering

Beberapa cara yang kutahu bisa mencegah kulit kering
1. Banyak Minum Air Putih
Katanya kebutuhan tubuh akan air itu kira-kira 1,5 liter sehari yang setara dengan 8 gelas. Saat sedang puasa kebutuhan air minum ini bisa juga diatur.  Waktu antara buka puasa sampai tidur usahakan minum 5 gelas air yang bisa dibagi menjadi 2 gelas saat buka puasa, 1 gelas saat makan malam dan 2 gelas lagi sampai menjelang tidur. Kekurangannya diminum sejak mulai bangun sahur sampai  sebelum imsak.
2. Gunakan pelembab
Pelembab yang kugunakan setelah mandi pagi juga harus sekalian mengandung tabir surya supaya kelembaban kulit tetap terjaga. Untuk bibir pakai lip balm. Malam sebelum tidur pakai krem malam yang mengandung kelembaban tinggi.  Untuk tangan dan kaki pakai hand and body cream.
Oh ya, sebagai tambahan  untuk yang punya alergi perhatikan juga ya apakah produk perawatan ini mengandung alergen atau tidak. Pengalaman pribadi ini sih. Baru tahu ada alergi terhadap produk dengan wangi bunga yang tajam. Kulit bukan lembab tetapi malah jadi gatal.
3. Kurangi makan makanan yang pedas dan berminyak
4. Perbanyak makan buah segar
Beberapa tahun ini punya kebiasan makan buah untuk sarapan. Kurasa ini sangat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kering.
5. Gunakan sabun bayi untuk mandi
Sabun bayi tidak banyak mengandung alkali dan deterjen yang bisa merusak kelembaban kulit.
6. Hindari pergantian suhu secara tiba-tiba
Dari ruangan berAC jangan langsung keluar kena panas matahari atau sebaliknya. Biarkan kulit beradaptasi perlahan-lahan di suhu ruang.
Demikian tips singkat dariku. Tak banyak memang, tetapi tips sederhana dan murah ini sangat membantuku untuk menjaga kelembaban kulit wajah dan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.